RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) BIRO PEMERINTAHAN UMUM SETDAPROVSU TAHUN 2013 - 2018

Open PDF

Rencana Strategis (Renstra) Biro Pemerintahan Umum Setdaprovsu Tahun 2013-2018 disusun, memuat tentang Evaluasi Pelaksanaan Renja (Rencana Kerja) SKPD Tahun 2009-2013. Tujuan, sasaran, program, kegiatan, indikator kinerja dengan kelompok sasaran. Berkaitan dengan itu, dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dalam periode 5 (lima) tahun kedepan, masing-masing SKPD berkewajiban menentukan arah kebijakan, program dan arah kegiatan yang realistis dengan memanfaatkan potensi, peluang yang dimiliki serta meminimalisir kendala yang ada dan atau mungkin terjadi. 

Rencana Strategis (Renstra) Biro Pemerintahan Umum menggambarkan pilihan program dan kegiatan yang mutlak harus dikerjakan sesuai tugas dan fungsi Biro Pemerintahan Umum yang pada prinsipnya berupa membuat regulasi pelayanan umum, melindungi ketentraman dengan ketertiban masyarakat, pengembangan kehidupan demokrasi dan pengaturan/penegakan peraturan dengan fasilitasi penyediaan pelayanan umum lainnya. Dilihat dari fungsi dan tugas Biro Pemerintahan Umum seperti teridentefikasi diatas maka dalam optimalisasi hasil yang ingin dicapai dalam kurun waktu 5 (lima) tahun kedepan merupakan keharusan bagi SKPD untuk menerapkan good governance (tata pemerintahan yang baik) yang dalam pelaksanaannya harus didukung Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional, peka terhadap perubahan dan mampu menjalankan tugas maupun fungsinya secara optimal.

Sehubungan dengan hal tersebut maka dalam penyelenggaraan pemerintah mempunyai tugas dan kewajiban penyelenggaraan pemerintahan umum. Sedangkan tugas dan kewajiban pemerintah adalah membuat regulasi tentang pelayanan umum, pengembangan sumber daya produktif, melindungi ketentraman dan ketertiban masyarakat, pelestarian nilai-nilai sosial cultural, kesatuan dan persatuan nasional, pengembangan kehidupan demokrasi, pencapaian keadilan dan pemerataan, pelestarian lingkungan, penerapan dan penengakan peraturan

RENCANA STRATEGIS BIRO PEMUM 2013-2018 perundang-undangan yang kesemuanya itu mendukung pembangunan nasional dan mengembangkan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat berdasarkan Pancasila.